Monday, June 4, 2018

Mempelajari Bahasa Pemrograman [Bagian 2]


Disini akan saya jelaskan beberapa metode dari Bahasa Programan dan melanjutkan dari metode sebelum nya ke metode selanjut nya. Buat kalian yang mau belajar Bahasa Programan tetapi bingung karena susah untuk di pelajari atau mungkin bingung mau memilih yang mana untuk di pelajari duluan. Bagi anda tidak usah khawatir karena beberapa lanjutan dari metode sebelum nya ini tersebut sangat bisa membantu kalian untuk mau belajar atau mau melanjutkan menguasai Bahasa Programan tersebut.



[Metode 3Membuat Program Pertama Anda

-1. Berfokuslah pada satu konsep dalam setiap waktu. Salah satu program pertama yang diajarkan untuk setiap bahasa adalah "Hello World". Program ini adalah program sederhana yang menampilkan teks "Hello World" (atau variasi lain nya) di layar. Program ini mengajarkan pemrogram pemula untuk membuat program fungsional dasar dan cara menangani keluaran (output). Dengan mengubah teks, Anda dapat mempelajari bagaimana data dasar ditangani oleh program. Di sini saya menggunakan bahasa Inggris karena memiliki beberapa panduan membuat program "Hello World" dalam berbagai bahasa pemrograman:
  • Hello World in Python
  • Hello World in Ruby
  • Hello World in C
  • Hello World in PHP
  • Hello World in C#
  • Hello World in Java
-2. Belajarlah dengan melakukan dekonstruksi dari contoh program daring. Ada ribuan contoh kode di internet untuk hampir segala jenis bahasa pemrograman. Gunakan contoh tersebut untuk mempelajari bagaimana berbagai aspek dari sebuah bahasa bekerja dan bagaimana berbagai bagian bahasa berinteraksi. Ambillah bagian-bagian dari contoh yang tersedia untuk membuat program Anda sendiri.

-3. Periksalah sintaksis. Sintaksis adalah cara penulisan sebuah bahasa yang dimengerti oleh "compiler" dan "interpreter". Setiap bahasa memiliki sintaksis yang berbeda, meskipun beberapa bagian sintaksis juga digunakan di banyak bahasa pemrograman. Mempelajari sintaksis sangatlah penting untuk mempelajari pemrograman, dan biasa nya terpikir pertama kali di benak banyak orang ketika mendengar tentang pemrograman komputer. Di dunia nyata, sintaksis hanyalah fondasi untuk membangun konsep-konsep lebih lanjut.

-4. Bereksperimenlah dengan perubahan. Buatlah perubahan pada program contoh Anda dan cobalah hasilnya. Dengan bereksperimen, Anda akan mempelajari apa yang bekerja dan yang tidak bekerja lebih cepat dari membaca buku atau panduan. Jangan takut merusak program anda; mempelajari cara memperbaiki kesalahan adalah bagian dari proses pengembangan, dan hal baru hampir selalu tidak pernah bekerja dengan baik pada awal nya.

-5. Mulailah mempelajari debug. Saat Anda memprogram, Anda pasti akan menemukan galat/bug, yang merupakan kesalahan program dan bisa muncul di mana saja. Galat ini bisa jadi tidak berbahaya, atau malah bisa membuat program Anda tidak bisa berjalan. Mencari galat dan memperbaikinya adalah proses penting dalam pengembangan perangkat lunak, jadi Anda harus terbiasa melakukan nya sejak dini.
  • Saat Anda bereksperimen dengan mengubah program dasar, Anda akan menemukan hal yang tidak berjalan dengan semesti nya. Menemukan cara lain agar program berjalan adalah salah satu kemampuan paling berharga yang harus Anda miliki sebagai pemrogram.

-6. Berikan komentar pada kode Anda. Hampir setiap bahasa pemrograman memiliki fungsi "komentar", yang memungkinkan Anda mengetik teks yang tidak diproses oleh interpreter atau compiler. Hal ini bukan hanya membantu Anda mengingat fungsi suatu kode dalam program besar, namun juga merupakan proses penting dalam lingkungan kolaboratif, karena komentar memungkinkan orang lain mengerti apa fungsi kode Anda.



Berikut contoh sederhana untuk pertamakali anda Menulis Program Pertama Anda dan mungkin anda bisa menggunakan dengan Java, tapi sebelum itu saya akan menjelaskan kembali tentang Java.

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang diciptakan pada 1995 oleh James Gosling. Arti nya, bahasa ini menyajikan konsep sebagai "object" with "field" (yaitu atribut yang menjelaskan objek) dan "method" (tindakan yang bisa dilakukan objek). Java adalah bahasa yang "sekali ditulis, berjalan di mana saja". Arti nya, bahasa ini dirancang untuk berjalan di platform apa saja yang memiliki Java Virtual Machine (JVM). Oleh karena Java merupakan bahasa pemrograman yang sangat bertele-tele, bahasa ini mudah dipelajari dan dipahami oleh pemula. Tutorial berikut ini merupakan pengenalan untuk menulis program dengan Java.

-1. Untuk memulai menulis program dengan Java, tentukan lingkungan kerja Anda. Banyak pemrogram menggunakan Integrated Development Environment (IDE) seperti Eclipse dan Netbeans untuk pemrograman Java, tetapi kita bisa menulis program Java dan mengompilasi nya tanpa IDE.

-2. Semua jenis program yang serupa Notepad akan memadai untuk pemrograman dengan Java. Pemrogram garis keras kadang-kadang lebih memilih editor teks yang ada di dalam terminal, seperti vim dan emacs. Editor teks andal yang bisa dipasang di komputer berbasis Windows maupun Linux (Mac, Ubuntu, dll.) adalah Sublime Text. Editor teks inilah yang akan kita gunakan dalam tutorial ini.

-3. Pastikan Anda sudah memasang Java Software Development Kit. Anda akan membutuhkan nya untuk mengompilasi program Anda. Pada sistem berbasis Windows, jika variabel lingkungan tidak sesuai, Anda bisa mengalami kegagalan saat menjalankan javac. Bacalah artikel Cara Memasang Java Software Development Kit untuk mengetahui lebih rinci tentang pemasangan JDK guna menghindari kesalahan ini.
  • Pertama-tama, kita akan membuat program yang menampilkan pesan "Halo Dunia.". Dalam editor teks Anda, buatlah berkas baru dan simpanlah dengan nama "HaloDunia.java". HaloDunia adalah nama class Anda dan nama class harus sama dengan nama berkas Anda.
  • Nyatakan class dan method utama. Method utama public static void main(String[] args) adalah method yang akan dieksekusi saat pemrograman berjalan. Method utama ini akan memiliki deklarasi method yang sama dalam semua program Java.
public class HaloDunia {
    public static void main(String[] args) {
    }
}
  • Tulislah baris kode yang akan menampilkan "Halo Dunia."
System.out.println("Halo Dunia.");
$ Perhatikan komponen baris ini:
- System memerintahkan sistem untuk melakukan sesuatu.
- out memberi tahu sistem bahwa kita akan menghasilkan output.
- println kependekan dari "print line". Jadi, kita memerintahkan sistem untuk menampilkan baris dalam output.
- Tanda petik pada ("Halo Dunia.") artinya method System.out.println() memasukkan parameter, yang, dalam hal ini, adalah String "Halo Dunia."

$ Perhatikan bahwa ada beberapa aturan dalam Java yang harus dipatuhi:

- Anda harus selalu menambahkan titik koma (;) di akhir setiap baris.
- Java peka terhadap huruf besar kecil. Jadi, Anda harus menulis nama method, nama variabel, dan nama class dengan huruf yang benar atau Anda akan mengalami kegagalan.
- Blok kode yang khusus untuk method atau loop tertentu dibungkus di dalam tanda kurung kurawal.
  • Satukan semuanya. Program Halo Dunia final Anda akan terlihat seperti berikut ini:
public class HaloDunia {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Halo Dunia.");
    }
}
  • Simpan berkas Anda dan buka command prompt atau terminal untuk mengompilasi program tersebut. Masuklah ke folder tempat menyimpan HaloDunia.java dan tikkan javac HaloDunia.java. Perintah ini memberi tahu Java compiler bahwa Anda ingin mengompilasi HaloDunia.java. Jika terjadi kesalahan, compiler akan memberitahukan apa yang salah. Jika tidak, Anda tidak akan melihat pesan apa pun dari compiler. Jika Anda melihat direktori tempat Anda menyimpan HaloDunia.java sekarang, Anda akan melihat HaloDunia.class. Inilah berkas yang akan digunakan Java untuk menjalankan program Anda.
  • Jalankan program. Akhirnya, kita akan menjalankan program kita! Di command prompt atau terminal, tikkan java HaloDunia. Perintah ini memberi tahu Java bahwa Anda ingin menjalankan class HaloDunia. Anda akan melihat "Halo Dunia." muncul pada konsol.
  • Selamat, program Java pertama buatan Anda sudah jadi!





[Metode 4] Belajar Dengan Rutin

-1. Tulislah kode program setiap hari. Menguasai bahasa pemrograman memerlukan waktu. Bahkan untuk menguasai bahasa sederhana seperti Python (yang hanya memerlukan 1-2 hari untuk pemahaman sintaksis dasar nya) saja, Anda perlu banyak waktu. Seperti kemampuan lain, latihan adalah kunci untuk menjadi lancar. Cobalah menghabiskan waktu beberapa menit sehari untuk menulis kode, meskipun hanya satu jam di antara waktu kerja dan makan malam.

-2. Aturlah tujuan program Anda. Dengan membuat tujuan yang menantang namun tetap bisa dijangkau, Anda akan dapat mulai memecahkan masalah dan menemukan solusi. Cobalah memilih aplikasi dasar, seperti kalkulator, dan pikirkan cara membuat nya. Gunakan sintaksis dan konsep yang telah Anda pelajari dan terapkan pada program Anda.

-3. Berdiskusilah dengan orang lain dan bacalah program lain. Ada banyak komunitas pemrograman yang dikhususkan untuk disiplin atau bahasa tertentu. Menemukan dan berpartisipasi ke komunitas tersebut akan mempermudah proses belajar Anda. Anda akan mendapat akses ke berbagai jenis contoh dan peralatan yang akan membantu proses belajar Anda. Membaca kode dari pemrogram lain akan memberi inspirasi dan membantu Anda memahami konsep yang belum Anda kuasai.
  • Carilah forum dan komunitas daring pemrograman untuk bahasa Anda. Pastikan Anda berpartisipasi, tidak cuma bertanya. Komunitas biasa nya dipandang sebagai tempat berkolaborasi dan berdiskusi, bukan semata tempat tanya-jawab. Anda boleh meminta tolong, namun jangan lupa menunjukkan kode Anda dan terbukalah untuk mencoba pandangan lain.
  • Setelah Anda memiliki pengalaman, cobalah menghadiri sesi pemrograman bersama atau hack-a-thon. Kedua nya merupakan event di mana orang atau tim berpacu dengan waktu untuk membuat program yang berfungsi dan biasa nya berkisar pada tema tertentu. Event tersebut bisa jadi menyenangkan dan menjadi cara yang baik untuk bertemu pemrogram lain.
-4. Tantanglah diri Anda agar proses belajar tetap menyenangkan. Cobalah melakukan hal yang belum Anda ketahui cara nya. Cari tahu cara melakukan suatu hal dan implementasikan pada program Anda. Janganlah puas dengan program yang bekerja; lakukan apa pun untuk memastikan seluruh aspek program Anda berjalan sempurna.

[untuk metode selanjut nya, Mempelajari Bahasa Pemrograman [Bagian 3] ... ... ]

 
Design by DISCONSER - Free Download Full Version | Best Web Hosting