Friday, June 8, 2018

Mempelajari Bahasa Pemrograman [Bagian 3]


Disini akan saya jelaskan beberapa metode dari Bahasa Programan dan melanjutkan dari metode sebelum nya ke metode selanjut nya. Buat kalian yang mau belajar Bahasa Programan tetapi bingung karena susah untuk di pelajari atau mungkin bingung mau memilih yang mana untuk di pelajari duluan. Bagi anda tidak usah khawatir karena beberapa lanjutan dari metode sebelum nya ini tersebut sangat bisa membantu kalian untuk mau belajar atau mau melanjutkan menguasai Bahasa Programan tersebut.


[Metode 5] Memperluas Pengetahuan

Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda setiap hari nya. Tergantung dari masing–masing orang, mereka akan dengan sadar menaikkan atau bahkan menurunkan kualitas dari kecerdasan mereka saat itu. Meningkatkan kecerdasan juga tidak bisa dilakukan dengan mudah. Ada banyak hal atau kegiatan yang bisa membantu kita merangsang otak kita untuk meningkatkan kualitas kecerdasan yang kita miliki. Dan berikut ini langkah-langkah yang bisa kita gunakan setiap hari nya.

-1. Ikuti pelatihan pemrograman. Banyak universitas, akademi, dan LPK menyediakan kelas pemrograman yang bisa Anda ikuti meskipun Anda bukan mahasiswa. Kelas pemrograman adalah cara yang baik untuk belajar karena Anda akan dibantu pemrogram berpengalaman, juga bertemu pemrogram lokal lain.

-2. Belilah atau pinjamlah buku panduan. Ada banyak buku pemrograman untuk setiap bahasa. Meskipun pengetahuan Anda tidak seharusnya dibatasi oleh buku, buku pemrograman menawarkan referensi dan contoh-contoh yang baik. Siapapun orang nya yang ingin meningkatkan kecerdasan mereka, tentu cara yang paling mudah dan banyak dilakukan adalah dengan membaca. Beberapa orang merasa membaca berita secara online sudah cukup, tapi lebih dari itu juga, banyak orang yang lebih nyaman membaca koran mereka di pagi hari, mengetahui update berita setiap hari dan membaca buku–buku pengetahuan. Membaca akan menambah wawasan kita seputar dunia apapun, untuk itu jangan membatasi bacaan yang ingin Anda baca.

-3. Pelajari matematika dan logika. Kebanyakan konsep pemrograman melibatkan aritmetika dasar, namun Anda mungkin ingin mempelajari konsep lanjutan. Matematika penting dikuasai jika Anda mengembangkan simulasi kompleks atau program algoritma lain nya. Untuk pemrograman biasa, Anda tidak perlu matematika kompleks. Mempelajari logika, terutama logika komputer, akan membantu Anda memahami cara memecahkan masalah untuk program tingkat lanjut.

-4. Jangan berhenti memprogram. Sebuah teori populer menyatakan bahwa seorang master memerlukan 10 ribu jam terbang. Meskipun kebenaran nya masih diperdebatkan, prinsip umum nya tetap berlaku: menguasai suatu hal memerlukan waktu dan dedikasi. Jangan berharap Anda bisa memahami semua nya dalam satu malam, namun jika Anda tetap fokus dalam belajar, Anda mungkin bisa menjadi ahli di bidang Anda.

-5. Pelajari bahasa pemrograman lain. Meskipun Anda bisa bertahan dengan satu bahasa pemrograman, banyak pemrogram memperbesar daya saing mereka dengan belajar bahasa pemrograman lain. Bahasa pemrograman kedua atau ketiga mereka biasa nya mendukung bahasa pertama mereka, dan membantu mereka mengembangkan program yang lebih kompleks dan menarik. Setelah Anda memahami dengan baik bahasa pertama Anda, pelajarilah bahasa kedua.
  • Anda mungkin merasa bahwa mempelajari bahasa kedua lebih cepat dari mempelajari bahasa pertama. Konsep pemrograman dasar dapat diterapkan dalam berbagai bahasa, terutama jika bahasa nya masih terkait.
-6. Bergaul dengan orang hebat. Orang hebat disini bukan hanya sekedar mereka yang berpangkat atau memiliki jabatan. Tapi orang hebat di sini adalah mereka yang mampu mengajak kita untuk berlajar, membuka wawasan dan saling bertukar pikiran. Carilah teman yang mampu mengajak Anda untuk saling berbagi ilmu dan pengetahuan. Dengan begitu ilmu Anda akan bertambah seiring pertambahan koneksi teman Anda.



[Metode 6] Menerapkan Kemampuan

-1. Ikutilah kuliah S1. Meskipun sebenar nya tidak harus, kuliah S1 di universitas akan membuat Anda terekspos pada berbagai bahasa, dan membantu Anda memperluas jaringan profesional dan siswa lain. Metode ini tentu nya bukan untuk siapa saja, dan banyak pemrogram sukses tidak pernah kuliah di institusi resmi.

-2. Buatlah portfolio. Setelah Anda membuat program dan memperluas pengetahuan, pastikan hasil karya terbaik Anda tersimpan dalam portfolio. Anda bisa menampilkan portfolio Anda pada pewawancara dan calon bos Anda sebagai contoh hasil kerja Anda. Pastikan Anda menampilkan hasil kerja Anda di waktu senggang Anda, dan Anda diizinkan untuk mengikutsertakan hasil pekerjaan Anda untuk perusahaan tempat Anda bekerja.

-3. Dapatkan pekerjaan lepas. Ada banyak prospek kerja lepas bagi pemrogram, terutama pembuat aplikasi ponsel. Cobalah membuat beberapa aplikasi untuk mengerti bagaimana cara kerja mengembangkan aplikasi komersial. Seringkali, Anda bisa menggunakan hasil kerja lepas Anda untuk membangun portfolio dan mengarahkan ke karya Anda yang sudah dipublikasikan.

-4. Kembangkan program komersial atau gratis. Anda tidak perlu bekerja pada orang lain untuk mendapat uang dari pemrograman. Jika Anda bisa memprogram, Anda bisa membuat perangkat lunak sendiri dan merilis nya melalui situs atau pasar lain. Bersiaplah untuk menyediakan dukungan untuk aplikasi yang Anda rilis secara komersial, karena pembeli mengharapkan aplikasi nya bekerja.
  • Aplikasi gratis adalah cara yang populer untuk menyebarkan program atau perkakas kecil. Pengembang tidak akan mendapat uang, namun mendapat nama baik dan pengembang akan lebih terlihat di komunitas.
-5. Bergabunglah di grup-grup atau forum-forum pemrograman. Anda tidak sendiri! Banyak sekali orang-orang seperti Anda yang sedang belajar atau bahkan sudah jago. Anda bisa menyapa mereka, bahkan Anda bisa bertanya kepada mereka jika memang perlu.Ketika Anda bergabung di forum atau grup pemrograman, Anda akan melihat ada banyak orang hebat yang bisa Anda tiru dan teladani dari segi programming nya. Bahkan gak jarang, mereka pun sering memberikan informasi-informasi penting yang mungkin bermanfaat buat Anda. Dan ketika Anda terlibat dalam sebuah forum, Anda pun bisa membantu rekan-rekan yang lain yang mungkin bisa Anda bantu.

Tips
  • Jika Anda tertarik mengembangkan permainan, cobalah Python, C++, atau Java. Dari ketiganya, C++ menghasilkan performa terbaik, Python adalah bahasa yang paling mudah dipelajari, dan Java bisa dijalankan di Windows, Mac, dan Linux tanpa perubahan.
  • Pelajari tentang perangkat lunak gratis dan kode sumber program yang tersedia di Free software directory. Mengapa membuat program baru jika Anda bisa memperbaiki program yang sudah ada? Namun, pastikan Anda mengerti apa yang Anda program.
  • Untuk kebanyakan orang, membuat program yang menarik atau dapat digunakan lebih menarik daripada mengikuti contoh pada buku. Gunakan mesin pencari untuk menemukan proyek yang menarik minat Anda.
  • Saat Anda mempelajari sesuatu yang baru, sebaik nya Anda menerapkan nya sendiri dan mengubah desain nya, untuk dapat memperkirakan hasil nya dan memahami konsep.
  • Gunakan antarmuka pemrograman yang baru dan referensi yang tersedia dari pembuat perangkat lunak.
  • Referensi tersedia untuk menolong Anda. Jangan malu jika Anda tidak bisa mengingat semua kode dalam hati, karena penguasaan perlu waktu. Yang penting, Anda tahu di mana Anda bisa menemukan referensi.
  • Untuk latihan, cobalah mengajari orang. Bukan saja Anda menjadi lebih kompeten, Anda juga akan dapat berpikir dari berbagai persepsi.
Demikianlah, semoga bermanfaat. Memang tidak mudah belajar pemrograman. Kita harus belajar algoritma yang penuh dengan logika yang rumit, kita juga harus mempelajari sebuah bahasa pemrograman yang bahasa nya gak mirip dengan bahasa manusia. Tapi jika dijalani dan menganggap nya sebagai sebuah tantangan dan proses yang harus dilalui, ternyata itu semua bisa menjadi menyenangkan.

 
Design by DISCONSER - Free Download Full Version | Best Web Hosting