Thursday, June 21, 2018

Hal - Hal yang Harus Dilakukan Setelah Instal Windows 10


Windows 10 menjanjikan peningkatan performa. Namun ada beberapa langkah yang baik nya dilakukan setelah menginstal pembaruan ini. Supaya kita dapat mendapatkan performa dan pengalaman yang lebih terbaik.

Berikut langkah-langkah yang sebenar nya umum dan sering diabaikan, namun patut dan perlu dilakukan setelah meng-upgrade Windows 10.


1. Check Update
Setelah proses upgrade selesai, disarankan untuk melakukan update. Pasal nya terkadang tersedia update yang membawa pembaruan driver untuk memaksimalkan fitur yang ada.

Untuk melakukan update, cukup membuka Start Menu dilanjutkan dengan mengklik Settings. Kemudian klik Update and Security. Pada bagian Windows Update, klik tombol Check for Update.


Biarkan komputer mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut. Bila telah selesai, disarankan untuk me-restart komputer. Lalu, buka kembali pengaturan Windows Update. Periksa apakah ada Update tambahan.


2. Notification
Buka Notification and Action Center. Cek apakah Windows 10 telah aktif. Lihat apakah ada status yang tertunda dan diminta untuk diselesaikan. Jika Ada, klik untuk melihat detail nya

3. Antivirus
Lakukan pengecekan apakah aplikasi keamanan sudah aktif dan berkerja. Jika aplikasi antivirus pihak ketiga tidak aktif, coba lakukan penginstalan ulang. Namun bila menggunakan Windows Defender, lakukan konfigurasi settings Windows Defender.Untuk pertama kali, jalankan update manual dan pemindaian secara keseluruhan.

4. WiFi Sense
Windows 10 membawa fitur bernama WiFi Sense yang memungkinkan pengguna terkoneksi dengan teman lewat WiFi. Disarankan untuk mengaturan WiFi Sense ini setelah update ke Windows 10. Pilih siapa saja yang sebaik nya diajak berbagi.

Untuk melakukan pengaturan, buka Settings, lalu Network and Internet. Skrol ke bawah hingga menemukan Manage Wi-Fi Settings.


5. Personalisasi
Windows 10 memungkinkan pengguna nya melakukan sejumlah personalisasi tampilan, terutama warna. Untuk melakukan personalisasi tampilan, buka Settings > Personalization > Colors.

Selain tampilan, kita dapat melakukan personalisasi pada tampilan Start Menu dan taskbar. Pilih aplikasi mana saja yang ingin ditampilkan pada dua area tersebut.


6. Default Program
Tidak suka dengan aplikasi bawaan Windows. Kita dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga dan menjadikan sebagai default. Cara nya, Buka Settings, lalu pilih System. Skrol ke bawah hingga menemukan Default Apps. Lalu pilih aplikasi apa saja yang ingin dijadikan sebagai default.

7. Search Bar
Jika ingin membuat Search Bar lebih kecil sehingga membuat area taskbar lebih luas. Cara nya klik kanan pada Taskbar, pilih Search, lalu Show Icon Only.

8. Cortana
Meski belum bisa digunakan di region Indoensia. Namun sejati nya Cortana tetap dapat dipakai, hanya saja pengguna harus mengubah region menjadi Amerika Serikat. Bila tidak tertarik menggunakan asisten virtual ini, sebaik nya nonaktifkan saja fungsi nya.

9. Microsoft Edge
Kita bisa mengimpor bookmarks dan favorit dari browser yang kerap digunakan sebelum nya ke dalam Edge Browser. Selain itu kita pun dimungkinkan melakukan sejumlah perubahan pada Edge, mulai dari Home Page dan mesin pencari.

10. Baterai Saver Mode
Windows 10 memiliki fitur Battery Saver Mode yang membuat tablet atau pun notebook lebih hemat. Ketika mode ini aktif, semua fitur yang menyedot daya baterai akan dibatasi begitupula pada hardware nya.

Tips Dasar Agar Windows 10 Tetap Aman dan Nyaman

Sudah pakai Windows 10 di PC atau Laptop? Bagaimana rasa nya? Apakah kamu menggunakan program tambahan untuk tambahan keamanan dan mengoptimalkan kinerja PCmu / Laptopmu? Apakah sebenar nya kamu benar-benar butuh program-program tersebut? Meskipun mungkin sudah banyak yang tahu, namun tetap saja banyak juga yang belum tahu.

Windows 10 sejati nya sudah dilengkapi dengan beberapa tools yang bisa membuat pengguna nya tidak lagi butuh aplikasi tambahan. Meskipun kemampuan nya mungkin kalah dengan program pihak ketiga, namun biasa nya program pihak ketiga menggunakan resource komputer lebih banyak sehingga membuat komputer lambat. Sebelum memutuskan untuk menggunakan program atau aplikasi pihat ketiga, ada baik nya kita mengenal beberapa tools bawaan Windows sehingga pada dasar nya kita tahu bahwa di Windows 10 sudah tersedia.

11. Jangan pernah abaikan Security and Performance (Dulu nama nya Action Center)


Pernahkan dirimu mendapatkan peringatan dari Security and Performance di pojok kanan bawah atau notification center? Biasa nya beberapa peringatan seperti Windows Update, Windows Defender, Firewall, hingga masalah driver. Jangan pernah mengabaikan pesan tersebut. Segera selesaikan permasalahan nya agar komputer tetap aman dan nyaman. Misal nya pesan agar Windows Defender perlu permbaruan dan memindai komputer, atau Windows perlu diupdate karena sudah lama tidak diupdate. Sesegera mungkin, segera lakukan karena itu untuk kebaikanmu juga.

12. Update Windows? Mengapa harus malu?

Ketika pengguna Windows Phone sangat bahagia ketika ponsel nya mendapatkan notifikasi update baru, mengapa kebanyakan pengguna Windows PC malah sebalik nya? Menurutmu, mengapa Microsoft repot-repot membuat update untuk Windows? Selain perbaikan dan patch, juga terdapat penambahan fitur baru. Contoh paling gampang ya update dari Windows 8.1 ke Windows 10 secara gratis. Para pengguna Windows kebanyakan sudah tertanam dalam darah daging mereka bahwa update Windows itu tidak penting, membuat kinerja nya melambat, hingga nanti lisensi nya ketahuan sama Microsoft. hehehe… Untuk masalah lisensi mungkin ada benar nya, namun pengguna Windows original begitu mendambakan update karena akan membuat komputer mereka semakin lebih baik. Jadi, jangan pernah malu untuk update Windows.

13. Antispyware dan Antivirus? Gunakan saja Windows Defender

Secara fitur, harus diakui Windows Defender memang sangat kalah. Namun kelebihan yang tidak dimiliki oleh antivirus lain adalah kinerja nya yang sangat mulus dan hampir tidak menganggu kinerja Windows secara keseluruhan. Untuk kemampuan nya sendiri sebenar nya cukup bagus. Selain menghapus dan mengkarantina Spyware dan Virus secara realtime, juga terdapat fitur seperti proteksi cloud, pengiriman sample, exception, dan lain-lain. Database nya pun cukup bagus. Hingga sekarang pun saya masih nyaman dengan hanya menggunakan Windows Defender. Setiap kali menyolokkan flashdisk liar, virus dan spyware yang ada selalu berhasil terdeteksi tanpa ada nya penurunan kinerja Windows. Mau pakai Antivirus pihak ketiga yang lebih powerful? Boleh boleh saja kok.

14. Membersihkan disk? Tidak perlu aplikasi tambahan

Pasti diantara kalian banyak yang pasang aplikasi tambahan untuk membersihkan disk dari sampah kan? Gak masalah kok, tapi sebenar nya kamu tidak perlu lagi aplikasi seperti ini. Windows sudah menyediakan aplikasi Disk Cleaner yang sebenar nya sudah lebih dari cukup untuk membebaskan komputer kamu dari sampah. Dengan demikian, kamu bisa membersihkan disk jika dirasa sudah banyak sampah yang menumpuk.

15. Defrag disk? Bisa!

Sama nih. Windows sudah menyediakan aplikasi untuk defrag disk, jadi sebenar nya tidak perlu aplikasi tambahan lagi. Aplikasi ini terbilang mudah digunakan. Tinggal klik Analyze untuk menganalisa lalu klik Optimize untuk memulai defragmentasi.

16. Scan disk error? Juga bisa

Memang banyak aplikasi pihak ketiga yang memiliki fitur jauh lebih bagus dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi bawaan Windows tersebut. Namun, fakta juga menunjukkan bahwa aplikasi pihak ketiga bisa membuat kinerja Windows melambat sehingga malah membuat Windows tidak nyaman. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi bawaan Windows ini, kita bisa tetap aman dan nyaman tanpa mengurangi performa nya.

17. Firewall? Gunakan saja Firewall bawaan

Windows sejati nya sudah dilengkapi dengan firewall bawaan. Apa itu firewall? Sistem software yang menyaring lalu lintas (traffik) mana saja yang aman dan mana saja yang tidak aman. Inti nya sih, biar koneksi ke jaringan lebih aman. Firewall tambahan biasa nya ada di antivirus pihak ketiga. Namun secara default, Windows sudah ada kok dan sudah menyala secara otomatis. Jadi anda sebenar nya tidak perlu lagi memikirkan masalah keamanan Windows 10. Syarat nya, kalau ada notifikasi di Security and Performance, segera bereskan pesan tersebut.

Demikian Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Instal Windows 10


!@#$%^&* Semoga Bermanfaat *&^%$#@!

 
Design by DISCONSER - Free Download Full Version | Best Web Hosting