Thursday, May 31, 2018

Mempelajari Bahasa Pemrograman [Baigan 1]


Disini akan saya jelaskan beberapa metode untuk anda yang mau belajar Bahasa Programan. Buat kalian yang mau mempelajari Bahasa Pemrograman tapi bingung karena susah atau bingung mau belajar yang mana karena ada beberapa pilihan, mungkin beberapa metode ini bisa membantu anda untuk yang mau belajar Bahasa Programan.

Jika Anda tertarik membuat program komputer, aplikasi ponsel, situs web, permainan, atau perangkat lunak apa pun itu. Anda harus mengetahui cara memprogram nya. Program dibuat dengan bahasa pemrograman. Bahasa ini memungkinkan program berfungsi di mesin yang menjalankan nya, seperti komputer, ponsel, atau perangkat keras lain.



[Metode 1] Memilih Bahasa Pemrograman

-1. Tentukan minat Anda. Anda bisa mulai belajar bahasa pemrograman apa pun (meskipun beberapa bahasa "lebih mudah" dari bahasa lain nya"), jadi Anda mungkin ingin belajar dengan bertanya pada diri anda: "Apa yang ingin saya capai dengan menguasai bahasa pemrograman?". Hal tersebut akan membantu Anda menentukan bahasa pemrograman apa yang harus Anda pelajari, dan memberikan Anda titik awal yang baik.
  • Jika Anda ingin menjadi pengembang web, Anda perlu menguasai bahasa yang berbeda dari bahasa yang digunakan pengembang program desktop. Membuat aplikasi ponsel juga memerlukan bahasa yang berbeda dari memprogram mesin. Seluruh keputusan Anda akan menentukan arah pembelajaran Anda.
-2. Pertimbangkan untuk mempelajari bahasa yang sederhana. Tak peduli apa pun pilihan Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk belajar bahasa tingkat tinggi yang lebih sederhana. Bahasa" tersebut sangat berguna untuk pemula, karena bahasa nya mengajarkan konsep" dan pemikiran dasar pemrograman yang bisa diterapkan ke bahasa apa pun.
  • Dua bahasa paling populer dalam kategori ini adalah Python dan Ruby on Rails. Kedua nya adalah bahasa aplikasi web berorientasi objek yang menggunakan sintaksis mudah dibaca.
$ Ruby on Rails juga bisa menjadi pilihan kamu saat ingin bergelut di dunia web development. Mempelajari Ruby sedikit lebih mudah karena tidak perlu belajar banyak perintah. Beberapa situs besar seperti Goupon dan Github menggunakan Ruby pada backend mereka.

$ Python juga menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari untuk pemula. Digunakan di aplikasi web dan desktop, Python menawarkan beragam project yang cukup potensial. Python juga mendukung OOP, procedural, dan functional programming.


-3. Bahasa pemrograman berorientasi objek arti nya bahasa tersebut dibangun dengan konsep "objek", atau  kumpulan data, dan manipulasi nya. Konsep ini digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman tingkat lanjut, seperti C++, Java, Objective-C, dan PHP.
  • C# adalah bahasa pemrograman evolusi dari C dan C++. Dikembangkan oleh Microsoft, C# (dibaca "C-sharp") biasa digunakan untuk membuat beragam software untuk desktop. Untuk belajar C#, kamu butuh software Visual Studio yang bisa kamu download secara gratis.
  • - Java adalah bahasa pemrograman paling populer dan dianggap sebagai standar untuk bahasa yang berorientasi objek dalam industri. Dengan motto "Tulis sekali, jalankan di mana saja," Java telah menjadi bahasa yang hampir universal dan dapat berjalan hampir di semua platform.
  • PHP adalah bahasa pemrograman yang berjalan pada sisi server dan digunakan untuk mengembangkan website agar lebih dinamis. PHP bertujuan untuk mengelola aplikasi dan basis data dan mengendalikan semua aplikasi situs web yang berjalan di server. Dengan menguasai bahasa ini secara penuh tentu hacker akan lebih mudah dalam mencari kerentanan dan kelemahan yang bisa dimanfaatkan.
-4. Bacalah beberapa panduan dasar untuk berbagai bahasa. Jika Anda masih belum yakin bahasa apa yang ingin Anda pelajari, bacalah panduan untuk beberapa bahasa berbeda. Jika sebuah bahasa lebih mudah dimengerti dari bahasa lain nya, coba lah menggunakan bahasa tersebut untuk mengetahui kecocokan nya dengan Anda. Ada ribuan tutorial untuk setiap bahasa pemrograman di Internet, dan semua itu tergantung dari anda saja yang mau belajar nya atau tidak.
  • Python - Bahasa pemula yang hebat dan cukup berdaya jika Anda mulai mengerti penggunaan nya. Bahasa ini dipakai di banyak aplikasi web, dan bahkan beberapa permainan.
  • Java - Dipakai di berbagai jenis program, mulai permainan, aplikasi web, hingga perangkat lunak ATM.
  • HTML - Bahasa awal yang wajib dikuasai seluruh pengembang web. Anda harus mengenal HTML sebelum mempelajari bahasa pemrograman web lain.
  • C - Meskipun sudah cukup tua, C masih berdaya, dan menjadi basis dari C++, C# dan Objective-C yang lebih baru.



[Metode 2] Memulai Dari Awal

-1. Pelajari konsep dasar dari bahasa pemrograman pilihan Anda. Meskipun langkah nya akan tergantung pada bahasa pemrograman yang Anda pilih, seluruh bahasa pemrograman memiliki konsep dasar yang berguna untuk membangun program. Mempelajari konsep tersebut sejak dini akan mempermudah Anda menyelesaikan masalah dan membuat kode yang berdaya serta efisien. Di bawah ini adalah konsep dasar umum yang banyak ditemukan di bahasa berbeda:
  • Variabel - Variabel adalah cara menyimpan dan merujuk pada bagian data yang selalu berubah. Variabel bisa dimanipulasi, dan seringkali memiliki jenis tertentu seperti "integer", "characters", dll, yang menentukan data apa saja yang bisa disimpan. Saat membuat program, variabel biasa nya memiliki nama yang membuat nya sedikit lebih mudah dipahami oleh pembaca manusia. Hal tersebut mempermudah variabel berinteraksi dengan bagian kode lain nya.
  • Pernyataan kondisional - Pernyataan ini adalah aksi yang dilakukan berdasarkan kebenaran atau kesalahan sebuah pernyataan. Bentuk paling umum dari pernyataan kondisional adalah "If-Then", Jika pernyataan nya benar (misal x = 5), maka sesuatu akan terjadi. Jika pernyataan nya salah (misal x != 5), maka hal lain akan terjadi.
  • Fungsi atau Sub-rutin - Nama dari konsep ini berbeda-beda, tergantung bahasa pemrograman. Konsep ini biasa disebut "Procedure", "Method", atau "Callable Unit", dan berupa program lebih kecil dalam sebuah program. Sebuah fungsi dapat "dipanggil" oleh program berkali-kali dan memungkinkan pemrogram membuat program kompleks dengan mudah.
  • Data input - Konsep ini sangat luas dan digunakan di hampir seluruh bahasa pemrograman. Konsep ini mencakup penanganan masukan pengguna dan menyimpan data yang sudah dimasuk kan. Cara pemasukan data tergantung dari jenis program dan input yang tersedia bagi pengguna (papan ketik, berkas, dll). Hal ini terkait dengan Output, yang akan menampilkan hasil pada pengguna, baik dalam bentuk tampilan di layar atau berkas.
-2. Pasanglah perangkat lunak yang diperlukan. Kebanyakan bahasa pemrograman memerlukan "compiler", sebuah program yang menerjemahkan kode ke bahasa yang dipahami mesin. Bahasa lain, seperti Python, menggunakan interpreter, yang bisa menjalankan kode tanpa proses "compile".
  • Beberapa bahasa memiliki IDE (Integrated Development Environment), yang biasa nya berisi penyunting kode, "compiler" atau interpreter, dan "debugger". IDE memungkinkan pemrogram melakukan fungsi yang diperlukan di satu tempat. IDE juga mungkin memiliki representasi visual dari hirarki dan direktori objek.
  • Ada banyak penyunting kode tersedia di Internet. Penyunting kode menawarkan cara yang berbeda untuk menebalkan sintaks dan menawarkan peralatan ramah pengembang lain.
[untuk metode selanjut nya, Mempelajari Bahasa Program [Bagian 2] ... ... ]

 
Design by DISCONSER - Free Download Full Version | Best Web Hosting